SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Salah satu kewajiban kita sebagai seorang anak adalah mengayomi orangtua. Kita tentu akan berupaya untuk selalu memberikan bantuan kapanpun mereka butuhkan. Namun, dalam hal tertentu, kita memiliki posisi yang sulit untuk memberikan bantuan. Berikut tips jika orangtua meminta bantuan uang :

1. Apakah kita mempunyai uang?
Membantu orangtua memang sebuah prioritas. Namun, ketika kita tidak memiliki uang sama sekali kita bisa saja mengatakan tidak. Kita mungkin bisa melakukan pinjaman untuk membantu orangtua. Namun jika ternyata pinjaman tersebut akan membuat hidup kita terpuruk maka kita bisa memilih cara lain. Salah satu tips untuk menghadapi situasi ini adalah menyediakan dana darurat. Dengan begitu, maka kita akan selalu memiliki dana yang disisihkan untuk membantu orangtua setiap waktu.

2. Menyesuaikan kebutuhan
Penting untuk mengetahui dan memahami situasi yang terjadi. Dengan begitu maka kita bisa memutuskan apakah bisa membantu atau tidak. Jika ayah kita sedang kehilangan pekerjaan dan hanya membutuhkan bantuan untuk makan sehari-hari maka tentu saja kita bisa menolongnya tanpa memerlukan pinjaman. Selain itu kita juga harus menyesuaikan dengan kemampuan kita.

3. Jika telah menikah, minta pendapat pasangan
Ini terutama jika keuangan keluarga disatukan. Tentu saja kita perlu memberitahu situasi yang ada pada pasangan.
Yang terpenting adalah jangan menyembunyikan sesuatu dari pasangan. Dengan memberikan pengertian maka pasangan tentu saja setuju dengan apa yang kita lakukan.

4. Bantuan apa yang bisa diberikan?
Jika kita tidak dapat memberikan bantuan berupa uang, maka kita dapat melakukannya dengan hal lain. Kita dapat berkontribusi dengan tenaga dan waktu. Misalnya, kita dapat menggunakan mobil kita sebagai transportasi orangtua kemanapun ia ingin pergi. Atau kita mungkin dapat memperbaiki kerusakan perabotan rumahnya.

5. Memberikan penjelasan dengan baik
Penting untuk memiliki komunikasi dengan baik pada orangtua. Apabila kita tidak dapat memberikan bantuan uang kepada orangtua maka kita sebaiknya memberikan penjelasan. Kita dapat menjelaskan mengapa tidak dapat membantu.

Namun, jika kita dapat memberikan bantuan, maka pastikan untuk menemani orangtua hingga urusannya benar-benar telah tuntas – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber